Selasa, 10 Februari 2015

Melihat Lebih Dekat Keunikan Candi Sambisari (Part 2)

Di sekitar halaman candi utama dan candi perwara sungguh membuat decak kagum Ane. Rumput tanah lapang yang terawat rapi membuat hidup suasana di kompleks Candi Sambisari ini. Inilah beberapa gambar yang sempat Ane abadikan.




Inilah tulisan yang bertuliskan "Candi Sambisari" yang terlihat mencolok ketika kita berkunjung kesini. Banyak para pengunjung yang bernarsis ria di sini. Narsis dahulu bersamanya.


Puas menikmati kompleks utama candi, lantas meninggalkannya? Tidak, di sekitar kompleks utama candi terdapat taman yang sangat menarik. Di sebelah timur laut candi terdapat tempat duduk yang terbuat dari semen berada tepat di bawah pohon. Tempat duduk ini tampaknya sengaja dibuat bagi kenyamanan para pengunjung. Bergerak dari timur laut menuju ke selatan tepatnya berada di sebelah timur candi terdapat sebuah pemandangan yang menakjubkan seperti kolam namun hanya ada sedikit air.


Beberapa macam bungapun di tanam di sini.


Di sela - sela taman, di pojok sebelah tenggara candi terdapat sebuah kamar kecil yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Hal ini tidaklah mengurangi nilai keindahan itu sendiri melainkan menambah keeksotisan dari Candi Sambisari ini.


Nah inilah keindahan taman yang terlihat di sebelah selatan dari Candi Utama Sambisari. Pohon melinjo yang berukuran sedang berjajar rapi di pinggir taman dekat pagar dan berbagai pohon yang masih kecil tertanam secara rapi di tamannya.


Perut sudah sangat keroncongan karena dari pagi belum makan. Di tengah - tengah menikmati hembusan angin yang berhembus sejuk di taman Ane gunakan untuk istirahat sejenak untuk makan. Mari ada yang mau? hehe.


Dua puluh menit sudah terlewati dan segera Ane melanjutkan eksplorer di bagian barat candi. Ada apakah gerangan? yap, terdapat puing - puing sisa reruntuhan candi yang telah di beri nomor dan tertata secara rapi.


Tidak hanya terdapat tempat parkir atau kamar kecil saja yang tersedia di sini, tempat ibadah berupa mushola dan ruang informasi pun sudah tersedia.

Mushola (tempat ibadah)
Ruang Informasi Candi Sambisari
Sebenarnya Ane melihat ruang informasi ini secara tidak sengaja. Ruang ini terletak di barat daya Candi Utama Sambisari. Digandrungi rasa penasaran, masuklah Ane di ruang tersebut. Pengunjung biasanya melewatkan Ruang informasi ini, jadi hanya Ane  dan adik Ane yang memasukinya. Ruangannya cukup kecil namun memiliki makna yang luar biasa yaitu terdapat beberapa gambar yang cukup menjelaskan secara lengkap dari Candi Sambisari ini. Berikut beberapa gambar yang cukup menjelaskan keadaan tersebut.

Peta persebaran Situs di Kawasan Prambanan
Sejarah Singkat Penemuan Candi Sambisari


Puas menikmati dan mengeksplorer Candi Sambisari Ane sangat terkesan begitu cantik dan indahnya candi ini. Hembusan angin yang begitu sejuk membuat Ane malas untuk segera meninggalkan tempat ini. Mau bagaimana lagi masih terdapat beberapa candi lagi yang menunggu untuk di jelajahi. Berekreasi sambil belajar sejarah rasanya menyenangkan. Bagaimanakah menurut sobat semua? menarik bukan? ayo segera angkat ransel anda dan jelajahi kecantikan Candi Sambisari ini. Sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG ANE

Anis SobatAnis Sobat
Hello, My Name Is Anis Hidayah. I am no Drinking,Drug, Smoking, and Free sex. But yes Travelling, Touring, Mountaineering, visit the new site and meet by new people. Enjoy my life with my way myself. That's about me