Minggu, 22 Juni 2014

PENDAKIAN GUNUNG SUMBING 2

Masih berada di puncak, Foto berlatar belakang Gunung Sindoro

Kawah Sumbing

Puas sudah menikmati Puncak Sumbing dan waktu sudah menunjukkan pukul 8 pagi menandakan kita segera turun dari puncak. Dengan hati-hati ane menuruni trak Gunung Sumbing.

Di tengah jalan, kita bertemu dengan pendaki lain yang baru mau naik ke puncak. Saling sapa dan bercerita satu sama lain. Foto bersama dah yang menjadi ritual wajib, hehe.

Kita terus menuruni trak yang terjal ini dan tak lama kemudian sampailah di Pos Watu Kotak.

Pemandangan di sekitar watu kotak ternyata tidak kalah menariknya sob dibandingkan dengan Pos 3 maupun di puncak, beberapa gambar yang sempat ane abadikan di sini

Jalan kita lanjutkan dengan medan yang lumayan agak mudah untuk kita turuni

Tepat pukul setengah 11 siang, ane sampailah di tenda ane menginap di Pos 3. Sebelum turun ke bawah, tentulah mengisi perut dahulu karena cacing yang di dalam perut sudah pada konser semua (seru kali, hahaha). Menu yang tersedia kurang lebih sama dengan yang kemarin. Perbedaannya adalah kemarin pakai ikan laut bakar, sekarang pakai sardiness. Wuenak tenan, mak nyosss

Saran buat sobat petualang, sebaiknya kalau mendaki bawa makanan yang siap saji, seperti sardines. Selain mudah dan cepat untuk di masak, efisien dalam penggunaan air. Kecuali kalau memang mau repot di atas, bawa apa saja terserah sobat petualang. Manajemen dalam pendakian itu penting agar nantinya diri kita tidak mengalami kerugian.
Oke cerita kita lanjutkan, setelah perut terisi, selanjutnya kita berkemas-kemas packing dan lain-lain. Akhirnya, pukul setengah 2 siang kita turun dari pos 3 menuju basecamp. Sebelum turun, kita mengabadikna foto bersama yaitu foto gokil banget, nieh fotonya sob

Dalam pendakian turun ketika sudah sampai di Pos 2, ew tak di sangka-sangka turun hujan rintik-rintik akhirnya berhentilah sebentar di pos tersebut. Namun hujan rintik-rintik tidak kunjung reda, kita lanjutkan perjalanan sampai di basecamp. Ane sampai di basecamp sekitar pukul 5 sore. Inilah keadaan sekitar basecamp pendakian Gunung Sumbing yang awalnya belum sempat ane abadikan:

Papan Tata Tertib Pendaki Gunung Sumbing

Gambaran mengenai Jalur lama dan jalur baru

Tulisan Basecamp Sumbing tepat di atas pintu masuk

Rute Pendakian Gunung Sumbing

dan yang terakhir adalah ruangan basecamp itu sendiri

Di sini kita beristirahat, mamasak mie instan untuk menu terakhir kita di basecamp dan sesudahnya kita pulang ke Yogyakarta. Pada pukul setengah 8, kita akhirnya meninggalkan basecamp menuju Yogyakarta. Selamat tinggal Gunung Sumbing, sampai Jumpa. Ke Halaman Awal